Perbandingan WordPress.Com dan Blogspot.Com

Posted on


wp-vs-bloggerSetelah kemarin saya sempet nulis tentang alasan saya memilih wordpress.com , seperti di akhir artikel tersebut maka sekarang saya ingin membuat perbandingan antara wp.com dengan blogger. Sebelumnya ini hanya sebatas opini saya pribadi😆 .

Oke langsung to the point aja lah.he…

Perbandingan kali ini saya buatkan dari sisi kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kita mulai dulu dari wordpress.com

Kelebihan

Nah inilah beberapa kelebihan dari wordpress.com menurut saya :

  • Kelebihan wordpress bagi saya ialah sangat user friendly atau mudah digunakan. Ini merupakan opini pribadi saya, karena sejak pertama kali kenal blog saya langsung menggunakan wp.com . Baru setelah itu saya mencoba blogger, tapi ternyata terasa sangat beda dan ribet.he…
  • SEO Friendly, hal ini bisa di lihat beberapa gambar dan dari blog ini ternyata menempati halaman pertama mbah Google. Untuk artikel menyusul deh😀
  • Tampilan dashboard yang simple dan memudahkan navigasi saat akan memaintenance blog.
  • Pilihan Theme yang bervariasi dan menurut saya bagus dan cantik-cantik😆
  • Disediakan space sebesar 3GB dari wp.com yang menurut saya sangat besar, dan itupun disertai dengan unlimited bandwith karena blog ini memang numpang di wordpress.com😆

Kekurangan

Selain mempunyai kelebihan, pasti juga mempunyai kekurangan, di antaranya adalah

  • Tidak mendukung adanya kode javascript baik dalam content mauapun pada sidebar.
  • Tidak bisa mengotak-atik theme karena memang aksesnya di batasi, kalaupun ingin mengedit dan memodifikasi CSS maka harus upgrade terlebih dahulu
  • Tidak memperbolehkan adanya link referal maupun affiliasi

Apalagi ya? kalau masih ada yang kurang silahkan di tambahi.

Sekarang untuk Blogspot.Com

Kelebihan

Beberapa kelebihan blogspot ini hanya sepengetahuan saya karena memang jarang dan tidak mendalami blogspot.

  • Mendukung kode javascript
  • Dapat dengan bebas memodifikasi template, karena memang mendapatkan akses penuh untuk melakukannya.
  • Bisa di gunakan untuk PPC, Affiliasi, refferal, etc
  • Terintegrasi secara langsung dengan account Google sobat, jadi kalau udah punya account gmail secara otomatis dapat langsung memiliki account blogger
  • Untuk blogspot yang terbaru theme nya sudah bagus dan cantik-cantik bahkan penyedia theme juga udah banyak. Jadi lebih leluasa untuk memilihnya dan yang bisa di modifikasi sendiri
Kekurangan
Dan inilah kekurangan blogspot bagi saya, ga tau buat yang lain
  • Sepertinya untuk masalah SEO masih kalah di banding dengan wp.com
  • Dashboardnya kurang user friendly, ga tau kalau yang terbaru sekarang mungkin sudah di update oleh pihak google😀
  • Untuk menambahkan plugin harus di lakukan secara manual yaitu dengan menulis script dalam templatenya.
Apalagi ya? Sepertinya hanya itu opini saya seputar kekurangan blogspot.
Nah bagi sobat blogger yang meungkin mempunyai perbedaan pendapat atau ingin menambahkan saya tunggu😀

6 thoughts on “Perbandingan WordPress.Com dan Blogspot.Com

    bro eser said:
    May 21, 2011 at 8:22 pm

    Untuk masalah SEO sih menurut saya pribadi masih lebih baik blogspot dibanding WP (bukan yang self host)… Alasannya blogspot merupakan engine blogger dari google, jadi pastinya kaidah blog yang seo friendly telah diterapkan dalam blog ini. Bro mungkin berpendapat masih WP yang lebih seo karena bro lebih terbiasa menggunakan WP… Untuk yang gratisan blogspot lebih bisa dibuat SEO friendly karena bisa mengedit scriptnya (walaupun bukan hal yang mudah)… Hal ini berbanding terbalik jika menggunakan WP yang gratisan.

      Adi Wibowo responded:
      May 22, 2011 at 11:38 am

      Kalau untuk wordpress self hosting dengan blogspot pasti menang wordpress bro.
      Kalau sam-sama dalam kondisi standar sepertinya masih menang wp.com
      Kalau sudah di modifikasi script nya ya jelas beda banget lah.he…
      Tapi memang blog ini walau cuma di wp.com masih napat memenangkan keyword2 tertentu walau bukan dari artikel tapi dai gambar.he…

    q.thrynx said:
    May 24, 2011 at 10:07 am

    kayaknya saya lebih setuju sama bro eser…
    untuk SEO (dalam kondisi standar) masih baik blogspot kayaknya…

    Lutfi Retno Wahyudyanti said:
    June 10, 2011 at 3:41 pm

    Klo saya setuju dengan wordpress user friendly. Karena kmrin saya sempat punya blogger nggak keurus karena bingung.

    Randeezt said:
    November 26, 2011 at 9:44 pm

    Ow, begitu toh pantesan mo ptc gak da yang bisa,, baru tau ane, thanks gan…

    Andriel said:
    August 24, 2012 at 6:54 am

    Gw sdh pnya blog di blogspot sbelum gw bikin google account.
    Sblumnya, msh bs di akses. Tp setelah gw bikin google account, blog gw tuh gak bs di akses (sign in) lg. Cuma bisa di liat doang. Ada solusi gak ya?

Leave a Reply

